MEMBUAT FILM ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK CUTOUT BERGENRE ADVENTURE

Rani Puspa Wardani, Bambang Hariadi, Karsam Pujangga

Sari


Tujuan yang hendak dicapai pada Tugas Akhir ini yaitu membuat Film animasi 2D dengan teknik cutout bergenre adventure. Animasi cutout adalah sebuah teknik yang digunakan untuk membentuk sebuah visual dari potongan-potongan yang digabungkan menjadi satu. Metode yang digunakan penulis untuk menyelesaikan Tugas Akhir yang dikerjakan pada jurnal ini ialah menggunakan metode kualitatif, yaitu menggunakan pengumpulan data berupa studi literatur, observasi dan wawancara. Alur yang digunakan dalam film animasi 2D ini menggunakan alur maju, yaitu tentang seorang gadis biasa yang ingin merubah hidupnya yang datar dengan mengikuti tantangan yang diberikan oleh seorang raja untuk berpetualang (adventure) mendapatkan benda yang dapat mengabulkan permintaan.

Teks Lengkap:

PDF 10-13

Referensi


Daftar Pustaka

D'Ammassa, D. (2009). Encyclopedia of Adventure Fiction. New York: Facts on File.

Hidayat, A. (2012, 10 14). Penelitian Kualitatif:

Penjelasan Lengkap. Retrieved 10 13,

, from statiskian: https://www.statistikian.com/2012/10/ penelitian-kualitatif.html

Ning, Y. (2010). Production design for traditional cutout animation: Digital remediation of genre-specific aesthetics. Auckland: Auckland University of Technology.

Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. (2015). Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui Animation Explainer Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Hidup (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era Konvergensi Media.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., & Aliffianto, A. Y. (2019). A Conceptual Framework for Destination Branding in Jawa Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2), 149-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2020). Brand Image Among The Purchase Decision Determinants. Jurnal Studi Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. (2021). Analisis Isi Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film 27 Steps Of May. Communicator Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. (2021). The Representation of Social Changes in Indonesian Muslim Society: A Semiotic Analysis of ‘Ketika Mas Gagah Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T. (2017). Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 124-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. (2022). Sustainable tourism development from the perspective of digital communication. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. (2017). Penerapan Aplikasi Fruity Loops sebagai Media Pembelajaran Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-261.

Laksono, Y. T. (2021). Communication and ritual on jaranan pogogan: The semiotics of performing arts. Jurnal Studi Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. (2019). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Fruity Loops Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C. (2021). City Branding di Jember: Analisis Perspektif dari Pengunjung. Business and Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. (2020). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pengembangan Marketing Website Dan Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas infografis sebagai pendukung mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1).

Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. (2012). Analisis Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.

Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. (2019). Penyutradaraan Dan Editing Dalam Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre Action Berjudul € Œbeda†. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And Media, 1(1), 15-19.

Wangi, M. P. (2013). Tayangan Program Ludruk Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 8(2).

Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J. (2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif dalam Keahlian Multimedia dan Animasi.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id