PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF METODE UMMI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK USIA 4-6 TAHUN

Ashifa Syafana Maura, Setya Putri Erdiana, Fenty Fahminnansih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media interaktif sebagai bentuk media pembelajaran untuk usia 4-6 tahun dengan metode UMMI untuk memudahkan anak yang memiliki gaya pembelajaran visual dengan menggunakan metode UMMI. untuk memudahkan anak –anak lebih fokus membacanya. Penelitian ini untuk mencetak generasi mudah untuk bisa membaca Alqur’an dengan baik dan benar dengan makhrojnya.. Tujuan utamanya adalah untuk merancang media interaktif metode UMMI sebagai media pembelajaran Al-qur’an untuk usia 4-6 tahun. Proses penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yang meliputi analisis kebutuhan, pengembangan konten, desain karakter , dan uji coba dengan kelompok sasaran. Media interaktif dirancang dengan mempertimbangkan gaya visual,karakter, dan audio yang sesuai dengan karakteristik target audiens. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media interaktif efektif meningkatkan pemahaman membaca Al-qur’an dengan metode UMMI. Umpan balik positif dari kelompok sasaran mengonfirmasi keefektifan media tersebut. Oleh karena itu, media interaktif yangdihasilkan diharapkan dapat menjadi sumber media pembelajaran yang relevan yang akan memberikan kontribusi positif terhadap generasi muda. Dan mencetak generasi muda untuk bisa membaca Al-qur’an dengan baik , lancar dan makhroj bacaanya benar.

Kata kunci: Media Interaktf , Media Pembelajaran, Metode UMMI


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id