PERANCANGAN VIDEO PROMOSI DESA WISATA EDUKASI GERABAH RENDENG BOJONEGORO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Moch Dani Setiawan, Darwin Yuwono Riyanto, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Desa Rendeng terletak di Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur dan berada tepat di pinggiran Sungai Bengawan Solo. Salah satu keunikan demografi Desa Rendeng pernah terjadi pada tahun 1990-an, yaitu terdapat kurang lebih 80% kebanyakan penduduk Desa Rendeng memiliki mata pencaharian sebagai perajin gerabah. Sebenarnya masyarakat Rendeng hanya membuat gerabah untuk digunakan sehari hari seperti peralatan rumah tangga seperti kendi, cowek. Gentong, ngaron, layah dan lain-lain. Beberapa tahun kedepanya masyarakat paham dan mereka membuat gerabah tidak hanya digunakan sendiri melainkan untuk dijual kepada konsumen juga. Dengan begitu mereka akan mendapatkan uang hasil dari kerajinan gerabah untuk menambah ekonomi desa rendeng sehari-harinya. Dan dari situ sampai sekarang masyarakat desa Rendeng tetap melestarikan dan justru saat ini semakin banyak motif dan ragam kerajinan gerabah yang dibuat atau diproduksi oleh masyarakat Rendeng. Selaku pengelolah Desa Wisata Edukasi Gerabah pengunjung yang datang kebanyakan dari instansi sekolah seperti TK, PAUD, SD bahkan orang tua. Dan juga kurangnya aktivitas promosi yang dilakukan oleh pengurus. Jadi penelitian ini menjadikan sebuah pemecah masalah yaitu merancangan video promosi desa wisata edukasi gerabah sebagai upaya meningkatkan brand awareness.

Kata kunci: Video Promosi, Brand Awareness, Desa Rendeng, Gerabah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id