PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KHAWIN DEKORASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Gerinda Agnes Tri Faradilla, Siswo Martono, Darwin Yuwono Riyanto

Abstract


Keterbatasan promosi pada Khawin Dekorasi merupakan hal yang sangat disayangkan. Bisnis dekorasi di Indonesia sendiri akan terus tumbuh seiring perkembangan dan tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menggelar resepsi pernikahan. Hal tersebut terbukti dengan perkiraan naiknya industri bisnis ini sebesar 20- 30% (inverstor.id, 2020). Selain itu dekorasi masuk kedalam salah satu dari 25 jenis usaha yang menjanjikan dan menguntungkan untuk yang bingung memulai bisnis dengan mengikuti trend yang ada saat ini, dilansir dalam liputan6.com tahun 2021. Untuk itu perlu adanya sebuah rancangan media promosi dalam bentuk katalog hasil dari portofolio dari Khawin Dekorasi. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan peluang kepada Khawin Dekorasi untuk dapat dikenal secara luas tidak hanya diarea Mojokerto dan sekitarnya, melalui media promosi sehingga Khawin Dekorasi menjadi lebih professional dalam industri jasa. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Konsep perancangan yang dihasilkan merupakan sebuah katalog digital sebagai solusi promosi di Khawin Dekorasi. Katalog digital yang dirancang menggunakan hasil fotografi dekorasi sebagai visualisasi utama dan penyajian informasi mengenai pricelist maupun macam jenis dekorasi di dalam katalog digital.. Konsep perancangan yang dihasilkan diperoleh dari Keyword berupa Reminiscent, Reminiscent memiliki makna yang mengingatkan kenangan atau kenangan, dalam penggunaan keyword reminiscent dalam perangcangan ini diharap dapat memberikan kesan istimewa ketika akan melihat katalog Khawin Dekorasi bagi para konsumen Khawin Dekorasi. Ukuran katalog digital adalah A4 (21x29,7) dengan jenis layout multi panel dan font yang telah di sesuaikan dengan karakter Khawin Dekorasi. Memiliki 18 halaman yang berisikan beberapa hasil dekorasi yang dimiliki Khawin Dekorasi. Media Pendukung yang digunakan meliputi ,Foto Frame/Board, Brosur, Feed Instagram, Stiker dan Kartu nama.

Kata Kunci: Media Promosi, katalog digital, Khawin Dekorasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id