PERANCANGAN VIDEO PROMOSI WISATA ALAM WADUK TANJUNGAN DI KABUPATEN MOJOKERTO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGUNJUNG

Mokhammad Fatih Rizqoni, Siswo Martono, Karsam Karsam

Abstract


Wisata alam Waduk Tanjungan merupakan salah satu destinasi yang berada di Desa Tanjungan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto. Kabupaten Mojokerto juga terdapat banyak destinasi wisata alam yang dapat dikunjungi wisatawan, Pada saat berkunjung ke wisata alam Waduk Tanjungan wisatawan diperlihatkan dengan keindahan alam yang asri dan sejuk. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati beberapa spot selfie unik yang berada di sekitar Waduk Tanjungan. Akan tetapi, wisata alam Waduk Tanjungan masih belum banyak diketahui oleh wisatawan dari luar kota. Dari hasil wawancara dengan pengelola Waduk Tanjungan, beberapa tahun ini kunjungan di Waduk Tanjungan di karenakan adanya perselisihan antara pihak desa dengan pemerintah pusat, sehingga Waduk Tanjungan menjadi terlantar. Turunnya jumlah pengunjung juga dikarenakan belum adanya media promosi yang berfungsi untuk mempromosikan Waduk Tanjungan. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan yang lebih maju untuk membantu mendukung pengembangan waduk dan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Waduk Tanjungan. Dari permasalahan ini, peneliti membuat perancangan video promosi Waduk Tanjungan untuk meningkatkan pengunjung. Tujuan dari perancangan ini yaitu untuk memberitahu ke masyarakat luas tentang Waduk Tanjungan. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa video promosi wisata alam Waduk Tanjungan yang di upload di media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok, dan media pendukung lainnya, dengan menggunakan brosur, x-banner, dan merchandise.

Kata kunci: Video promosi, Waduk Tanjungan, Media Sosial.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.