PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA DALISODO KABUPATEN MALANG BERBASIS WISATA ALAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Naufal Luthfi Hafizh, Dhika Yuan Yurisma, Muhammad Bahruddin

Abstract


Desa Dalisodo adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang yang dekat dengan lereng Gunung Kawi. Dikarenakan letak geologis dan geografisnya, Desa Dalisodo ini memiliki berbagai macam potensi wisata alam yang melimpah. Namun dikarenakan desa ini belum memiliki identitas dan kurangnya media promosi dalam mempromosikan desa, sehingga informasi tentang desa ini maupun wisata alam iconic Air Terjun Coban Glotak ini masih jarang diketahui oleh orang. Sehingga dari permasalahan diatas dapat disimpulkan bahwa Desa Dalisodo memerlukan sebuah identitas untuk meningkatkan citra desa dan menunjukan potensi tersebut. Setelah melihat permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian yang berjudul perancangan destination branding sebagai upaya meningkatkan brand awareness. Untuk metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersumber pada wawancara, dokumentasi observasi dan studi literatur. Setelahh dianalisis, dapat ditemukan dan dirumuskannya konsep atau keyword “marvelous” yang sendiri disini mengartikan keindahan alam maupun destinasi wisata alam yang disuguhkan oleh Desa Dalisodo yang sesuai dengan karakteristik dan potensi yang ada di Desa Dalisodo. Hasil dari perancangan kali ini diimplementasikan dalam beberapa media seperti logo, graphic standard manual, sign sistem, stationary-set (kop surat, amplop, co-card, kartu nama, map folder, cd dan jam dinding) merchandise (t-shirt, topi, gelas, pin dan tas), media promosi (banner, x-banner dan baliho) serta media sosial (instagram dan facebook).

Kata Kunci: Desa Dalisodo, Destination Branding, Air Terjun Coban Glotak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.