PERANCANGAN VIDEOCLIP MOTION GRAPHIC SEBAGAI UPAYA PENGENALAN WARNA PRIMER DAN SEKUNDER PADA BUH-BUAHAN DAN HEWAN UNTUK TAMAN KANAK-KANAK

Dhita Ariesta Puteri, Karsam Karsam, Siswo Martono

Abstract


Usia dini merupakan masa terpenting dan paling dasar sepanjang tumbuh kembang kehidupan manusia. Di usia ini, memberikan pendidikan dini sangat penting untuk membangun kemampuan anak dalam berfikir dan menanggapi sesuatu. Pada masa ini pengetahuan tentang warna merupakan salah satu aspek kemampuan kognitif yang harusnya sudah dikuasai oleh anak usia dini. Namun banyak dari orang tua dan guru yang masih menggunakan metode lama untuk mengajarkan mengenai warna pada anak maupun siswa, sehingga banyak anak yang masih ragu dan kurang percaya diri dalam menyebutkan warna. Selain itu metode pembelajaran yang teoritis membuat anak menjadi mudah bosan sehingga anak merasa susah dalam mencerna teori tersebut. Oleh sebab itu peneliti ini betujuan untuk merancang Videoclip motion graphic untuk meningkatkan semangat belajar anak tentang warna serta mempermudah orang tua dalam mendampingi anaknya belajar mengenai warna. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif yang bersifat deduktif yang bersumber dari observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur. Dari hasil analisis yang diperoleh maka didapatkan kata kunci “active” yang menunjukkan bahwa dengan ide dan gagasan yang kreatif serta berinovasi baru, agar terciptanya suasana belajar yang menyenangkan dan baru bagi anak dan orang tua serta guru.. Hasil perancangan ini diimplementasikan pada video motion graphic mengenai warna yang diimplementasikan pada buah dan hewan, media promosi (x banner, poster, feed Instagram dan youtube), dan merchandise (stiker).

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Pembelajaran, Motion Graphic.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.