PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA WISATA DOMPYONG SEBAGAI UPAYA BRAND AWARENESS

Gerardus Pratama Nugraha, Siswo Martono, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Desa Dompyong terletak di kecamatan Bendungan, kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, desa yang terletak di dataran tinggi lereng gunung Wilis ini memiliki potensi yang tidak kalah dengan desa yang lain, potensi wisata yang terkenal dari desa ini adalah pabrik kopi Van Dillem, yang memproduksi kopi sejak zaman Belanda tepatnya pada tahun 1928, kopi yang ditanam disini adalah kopi yang berjenis robusta, di tempat ini wisatawan dapat melihat langsung pengolahan kopi dan juga menikmati indahnya pemandangan desa yang masih asri. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui potensi wisata yang ada di desa Dompyong ini, yang juga di masa pandemi ini kunjungan wisatawan tidak stabil. Dengan adanya permasalahan di atas maka penulis merancanglah sebuah destination branding guna mengenalkan desa Dompyong ini supaya dapat diingat oleh wisatawan yang datang. Dengan menggunakan metode kualitatif penulis melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi dan ditemukanlah konsep “enthusiastic” yang memiliki arti semangat bergairah antusias diharapkan untuk setiap wisatawan yang datang kesini akan merasakan energi antusiasme yang ada pada desa ini walaupun desa ini tergolong masih kurang dikenal, harapanya dari wisatawan yang berwisata disini dapat merasakan energi tersebut. Adapaun hasil perancangan berupa identitas visual yang diimplementasikan pada sebuah media utama yang bernama Graphic Standart Manual dan media pendukung yang digunakkan berupa, stationery set seperti (kop surat, name tag, kartu nama, amplop), merchandise (tote bag, tumblr, mug, kaos, topi, paper bag) dan media promosi (brochure, signage, social media, flag banner, billboard, car branding, guide maps, website) guna mengenalkan desa ini ke masyarakat dunia.

Kata Kunci: Identitas Visual, Brand Awareness, Destination Branding, Media Promosi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.