PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PENGENALAN HEWAN PELIHARAAN SEBAGAI MEDIA TERAPI VISUAL BAGI ANAK AUTIS USIA 3-5 TAHUN DI SURABAYA

Ni Putu Indra Iswari, Dhika Yuan Yurisma, Karsam Karsam

Abstract


Kecenderungan angka penderita autistik semakin meningkat di Indonesia. Pada anak autis memiliki ciri gangguan yang paling menonjol yaitu perkembangan bicara yang terlambat dan anak sulit untuk berkomunikasi dan cenderung asik dalam dunianya sendiri . Tanti Meranti (2013) menyatakan terapi yang dapat dilakukan oleh anak autistik adalah terapi visual. Hal tersebut dikarenakan anak autis merupakan pemikir visual. Anak autis membutuhkan pembelajaran yang mudah didapat salah satunya menggunakan media pembelajaran visual. Maka dari itu, peneliti merancang buku interaktif pengenalan hewan peliharaan dengan teknik lift-the-flap dan participation yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi anak autistik usia 3 – 5 tahun. Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi kompetitor serta studi literatur. Berdasarkan analisis yang didapat, maka ditemukan keyword "stimulate" yang berarti buku interaktif pengenalan hewan dapat menstimulasi dan membangkitkan semangat. Desain buku, ilustrasi dan warna menyesuaikan dengan konsep keyword dan kharakteristik anak autistik usia 3-5 tahun. Hasil perancangan ini terdiri dari media utama berupa buku interaktif berjudul “Mengenal Hewan Peliharaan” dan media pendukung yaitu feed instagram, notebook kecil, stiker dan puppet hewan. Harapannya penelitian ini dapat disebar luaskan dan dapat membantu orang tua dalam mengenalkan mengenai hewan peliharaan, mendidik dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak penderita autistik.

Kata kunci: buku interaktif, hewan peliharaan, autistik, media visual, lift the flap


Refbacks

  • There are currently no refbacks.