PERANCANGAN DESTINATION BRANDING KAMPUNG WISATA BATIK KAUMAN SOLO DEMI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Raka Arundita Ristian, Siswo Martono, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Kampung Wisata Batik Kauman Solo merupakan kampung batik tertua di Kota Solo. Kampung Wisata Batik Kauman Solo terletak di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Kampung tersebut memiliki beragam potensi wisata, mulai dari wisata batiknya, sejarahnya, serta wisata edukasi dengan keramahtamahan masyarakatnya serta keasrian lingkungannya. Namun, kurangnya informasi mengenai Kampung Wisata Batik Kauman Solo mengakibatkan citra Kampung Wisata Batik Kauman Solo yang kurang kuat. Sebagai upaya untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap Kampung Wisata Batik Kauman Solo, dibuatlah perancangan destination branding untuk Kampung Wisata Batik Kauman Solo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersumber dari wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi literatur yang bersifat deskriptif. Dari analisis yang didapat, ditemukan kata kunci yaitu “amenity” yang menunjukkan bahwa perancangan ini ingin menonjolkan kenyamanan, sikap ramah tamah, fasilitas yang lengkap, serta kemudahan yang didapat oleh wisatawan yang berkunjung. Kata kunci ini digunakan sebagai dasar dalam melakukan perancangan ini, mulai dari logo, tagline “A Javanese Hospitality”, serta elemen grafis. Hasil perancangan tersebut diimplementasikan ke berbagai media seperti graphic standard manual, stationery set (kop surat, amplop, folder, kartu nama, ID card), merchandise (kaos, gantungan kunci, paperbag, totebag, cangkir, bookmark) dan media pendukung lainnya (x-banner, billboard, umbul-umbul, signage, papan penunjuk arah).

Kata Kunci: Kampung Wisata Batik Kauman Solo, Destination Branding, Brand Awareness


Refbacks

  • There are currently no refbacks.