PERANCANGAN DESTINATION BRANDING WISATA SUMBERAWAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Purwo Satmoto Adi, Siswo Martono, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Wisata Sumberawan yang berlokasi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menunjukan keindahan alam dengan suasana yang masih asri serta terdapat hutan pinus yang berfungsi sebagai bumi perkemahan, ditambah dengan taman-taman sebagai tempat spot untuk berfoto, terdapat Candi Sumberawan yang menjadi daya tarik pengunjung, dan yang menjadi daya pikat wisatawan adalah sumber mata air. Wisata Sumberawan masih memiliki permasalahan mulai dari promosi selanjutnya Wisata Sumberawan masih belum memiliki identitas visual maupun branding yang dilakukan sehingga belum dapat menggambarkan dengan jelas ciri khas atau karakteristik Wisata Sumberawan tersebut. Berdasarkan dengan permasalahan tersebut maka dirancangnya destination branding Wisata Sumberawan sebagai upaya untuk meningkatkan brand awareness. Dalam perancangan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data yang didapat melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Pada konsep “Beautiful” arti kata keindahan, menggambarkan karakteristik Wisata Sumberawan memiliki keindahan yang luar biasa dan akan menjadi pusat perhatian sehingga dapat dikenal oleh wisatawan serta menjadi kesan yang akan selalu diingat dibenak wisatawan. Hasil yang didapatkan akan diimplementasikan dalam perancangan destination branding Wisata Sumberawan dengan merancang identitas visual berupa logo dan Graphic Standard Manual, selanjutnya merancang tagline, layout, tipografi, warna, supergrafis, media promosi berupa brosur, poster, x-banner, stationery set, merchandise berupa, gantungan kunci, stiker, pin, dan kaos.

Kata Kunci: Destination Branding, Sumberawan, Brand Awareness


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.