REDESIGN VISUAL IDENTITY MUSEUM W.R. SOEPRATMAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Authors

  • Vio Athal Arif Fadhil Universitas Dinamika
  • Dhika Yuan Yurisma Universitas Dinamika
  • Karsam Karsam Universitas Dinamika

Abstract

Museum W.R. Soepratman merupakan sebuah museum dalam konteks “Rumah Sejarah†yang segalasesuatunya berkaitan erat dengan tokoh Pahlawan Nasional W.R. Soepratman yang langsung berada dibawahnaungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya sebagai lembaga yang mengelola museum. MuseumW.R. Soepratman menampilkan beragam informasi yang berkaitan erat dengan W.R. Soepratman, mulai dari fotofotodokumentasi, karya-karya musiknya hingga koleksi-koleksi unggulan seperti replika biola dan replika pakaianjas yang W.R. Soepratman gunakan saat Kongres Pemuda II di Jakarta. Museum W.R. Soepratman memilikipotensi sebagai tempat atau wisata sejarah yang informatif dan menarik khususnya bagi kalangan muda sepertidengan adanya QR Code yang terletak disetiap foto dokumentasi yang dapat diakses langung oleh pengunjung danterdapat Halaman Memorabilia yang berisikan pesan-pesan W.R. Soepratman sebelum meninggal yang dapatmenginspirasi kalangan muda. Halaman Memorabilia juga dapat dijadikan sebagai area berkumpul bersama dandapat menjadi spot foto bagi kalangan muda yang familiar dengan sosial media. Dari potensi yang dimiliki,melalui identitas visual, seharusnya Museum W.R Soepratman dapat menggambarkan citra museum sebagaisebuah museum dengan pengelolaan yang profesional dan modern meskipun merupakan sebuah museum dalamkonteks “Rumah Sejarahâ€. Hal ini juga bertujuan untuk menyesuaikan dengan visi yang dimiliki oleh Musuem W.R. Soepratman yaitu, “Museum W.R. Soepratman sebagai tempat tujuan wisata sejarah dengan pengelolaan yangprofesional dan modernâ€. Oleh karena itu melalui identitas visual yang tepat diharapkan akan mampumenggambarkan citra Museum W.R. Soepratman sehingga masyarakat dapat mengidentifikasi Museum W.RSoepratman sebagai sebuah museum dalam konteks “Rumah Sejarah†dengan pengelolaan yang profesional danmodern. Perlu adanya upaya redesign visual identity Museum W. R. Soepratman untuk memperkuat citra MuseumW. R. Soepratman sebagai sebuah museum dalam konteks “Rumah Sejarah†dengan pengelolaan yang profesionaldan modern sebagai upaya meningkatkan brand awareness. Maka judul pada penelitian ini adalah “RedesignVisual Identity Museum W. R. Soepratman Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarenessâ€.Kata kunci: Redesign, Museum, Identitas Visual, Brand Awareness

Published

2020-09-09

Issue

Section

Articles