PERANCANGAN KARTU PINTAR MENGENAL MAKANAN SEHAT DENGAN TEKNIK AUGMENTED REALITY BAGI ANAK USIA 4-5 TAHUN.

Indra Setya Himawan, Siswo Martono Martono, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Dalam usia anak pada kisaran 4-5 tahun merupakan usia keemasan, dimana dalam masa itu anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan lingkungannya, sehingga konsep pendidikan yang menarik dan berkala penting bagi mereka, terutama pendidikan dalam hal pengenalan makanan sehat guna menjadi sarana prefentif dari makanan yang tidak sehat diluar sana seiring bertambahnya usia anak. Penelitian dalam bahasan ini menggunakan metode kualitatif guna mengumpulkan data yung dibutuhkan. Pada penelitian ini dirancang sebuah sebuah media pembelajaran yang inovatif dan interaktif bagi anak-anak dengan menggunakan teknologi Augmented reality (AR) yang dikombinasikan dengan Flashcard, yang mana dalam hal ini menggabungkan dunia maya dan dunia nyata dalam bentuk aplikasi android sehingga gambar yang ada pada kartu tersebut dapat muncul dan tampil dalam bentuk 3D dan anak-anak sehingga dapat memberikan suatu rangsangan kepada otak anak dalam berimajinasi dan keingintahuan yang mendorong motivasi belajar kepada anak, juga peneliti menambahkan kemampuan lebih pada aplikasi agar mampu berinteraksi dengan menyentuh layar dan menggerakkan objek 3D yang ada didalam aplikasi AR tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id