PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL PANTAI SENDIKI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS
Authors
Arlam Fandriansyah
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Siswo Martono
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Dhika Yuan Yurisma
Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Abstract
Malang Selatan memiliki kurang lebih sekitar 50 pantai yang berjejer termasuk Pantai Sendiki. Pantai Sendiki merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan alam yang indah dan pantai yang cukup bersih. Dengan jumlah pantai yang mencapai kurang lebih 50 pantai di bagian Selatan Malang menjadikan persaingan antara pantai cukup ketat. Pantai Sendiki merupakan pantai yang belum memiliki Identitas Visual yang mana identitas sangat diperlukan untuk mengingat sebuah nama atau untuk mengenalkan kepada wisatawan. Dalam perancangan ini, peneliti akan berfokus pada pembuatan Identitas Visual dan Logo dari Pantai Sendiki yang bertujuan untuk menunjukkan keunggulan yang dimiliki oleh Pantai Sendiki. Peneliti melakukan pengamatan terhadap Pantai Sendiki dengan menggunakan metode kualitatif. Konsep logo yang muncul dari hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti mendapatkan kata kunci wonderful. Konsep menakjubkan yang membuat orang yang datang terkesima melihat indahnya Pantai Sendiki. Selain merancang identitas dan logo dari Pantai Sendiki peneliti juga merancang buku panduan tentang logo dari Pantai Sendiki yang bertujuan untuk memberikan penjelasan logo yang dimiliki Pantai Sendiki beserta panduan untuk prngaplikasian logo tersebut. Peneliti mengimplementasikan logo yang telah dibuat kedalam signsystem, billboard, video promosi berdurasi 1 menit dsn merchandise yang memiliki tujuan sebagai media untuk membantu audiens dalam mengetahui Pantai Sendiki.
Author Biographies
Arlam Fandriansyah, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Desain Komunikasi Visual
Siswo Martono, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Desain Komunikasi Visual
Dhika Yuan Yurisma, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya