PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL EDUWISATA KAMPUNG WAYANG DI DESA PISANG CANDI KOTA MALANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Muhammad Afan, Dhika Yuan Yurisma, Siswo Martono

Abstract


Indonesia memiliki banyak tempat-tempat wisata yang begitu menarik dan tidak terhitung jumlahnya, namun wisata dapat dibedakan menjadi dua yaitu wisata untuk melepas penat dan wisata sekaligus mempelajari daerah sekitar yang biasa disebut dengan eduwisata. Di salah satu daerah Jawa Timur yaitu Malang terdapat eduwisata bertemakan Kampung Wayang, berletak di desa Pisang Candi Kota Malang. Desa tersebut memiliki keunikan berupa wayang yang dilukis di dinding dengan menampilkan kesan timbul saat disentuh, selain itu mereka juga memiliki sanggar yang digunakan untuk membuat wayang dan kerajinan tangan berbahan dasar limbah serat kelapa. Hal ini dilakukan karena Kampung Wayang memiliki program untuk melestarikan budaya wayang kepada anak-anak daerah sekitar dan pengunjung, namun setiap tahunnya tingkat kunjungan Kampung Wayang semakin berkurang, hal ini dikarenakan Kampung Wayang tidak memiliki identitas visual yang dapat diperlihatkan kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak mengenal kampung tersebut. Maka dari itu dibuatlah sebuah perancangan identitas visual eduwisata Kampung Wayang di Desa Pisang Candi Kota Malang sebagai upaya meningkatkan Brand Awareness yang tujuannya untuk menambah tingkat kunjungan terhadap Kampung Wayang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.