PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KAMPUNG MANIK-MANIK KACA DI DESA PLUMBON GAMBANG KABUPATEN JOMBANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Noviani Rizky Ridariono, Dhika Yuan Yurisma, Abdullah Khoir Riqqoh

Abstract


Kampung manik-manik kaca bertempatkan di Desa Plumbon Gambang Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kampung manik-manik kaca menghasilkan sebuah kerajinan tangan yang berbahan utama limbah kaca atau daur ulang kaca dan menghasilkan produk manik yang siap dirangkai dan sudah dirangkai berupa gantungan kunci, gelang, kalung, dan sebagainya. Kampung manik-manik kaca sudah mendistribusikan produknya ke beberapa daerah seperti Kalimantan, Toraja Jakarta dan Bali hingga ke luar negeri salah satunya adalah Italia, Belanda, dan Amerika. Untuk mendukung penjualan di pasaran agar tidak kalah saing dan mengangkat potensi yang ada di Kampung manik-manik kaca agar lebih dikenal maka dibuatlah perancangan identitas visual sebagai upaya mengenalkan kampung manik-manik kaca kepada masyarakat khususnya Jawa Timur. Dengan menggunakkan metode penelitian kualitatif, maka dihasilkan data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, studi literature, dan studi kompetitor yang berkaitan dengan identitas visual dan brand awareness. Hasil dari perancangan identitas visual ini berupa logo, graphic standard manual, dan menerapkan logo kedalam media promosi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id